HOME

Jumat, 21 Juni 2019

Verb as Complement


Verb as complement
Verb berarti kata kerja sedangkan complement berarti pelengkap atau keterangan. Secara harfiah kita dapat menarik kesimpulan bahwa verb complement adalah sebuah keterangan untuk melengkapi kata kerja.
Menurut polanya, verb complement diartikan sebagai direct object (objek langsung) dan indirect object (objek tidak langsung) dari suatu action verb (predikat). Direct object merupakan kata ganti yang menerima action verb, sedangkan indirect object merupakan kata ganti yang menerangkan action verb. Direct dan indirect object disini dapat berupa noun, pronoun dalam Bahasa Inggris, atau apapun yang berlaku sebagai ‘noun’.
Umumnya verb complement dikelompokkan menjadi 3, yaitu verb complement dengan infinitives, dengan gerund, dan dengan noun clause. Untuk beberapa jenis verb complement lainnya kalian dapat melihat 7 Jenis verb complement. Untuk kaidah penulisannya sendiri idak ada pola khusus dalam penggunaan verb complement ini. Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa contoh berikut.
Contoh Verb Complement (infinitives)
  1. She wants to buy new motorcycle.
    (Dia ingin membeli motor baru)
  2. I want to sleep
    (Saya ingin
    tidur)
  3. Aka trying to escape
    (
    Aka berusaha untuk melarikan diri)
  4. Lia work to earn money
    (
    Lia bekerja untuk mendapatkan uang)
  5. I asked him to wash my motorcycle
    (Saya memintanya untuk mencuci motor saya)
Note : kata bercetak tebal diatas merupakan kata kerja infinitives yang berfungsi sebagai object.
Contoh Verb Complement (gerund)
  1. He love running
    (Dia suka
    berlari)
  2. I’m learning economic
    (Saya belajar
    Economic)
  3. Rehan is planning a vacation next month
    (
    Rehan sedang merencanakan liburan bulan depan)
  4. I enjoy reading histori book
    (Saya menikmati membaca buku sejarah)
  5. I don’t like talking politics
    (Saya tidak suka berbicara politik)
Note : kata bercetak tebal diatas merupakan gerund (verb –ing) yang berfungsi sebagai object. 
Contoh Verb Complement (noun clause)
  1. He bought the car with his own money
    (Dia membeli mobil itu dengan uangnya sendiri)
  2. I think that memorizing is quite difficult
    (Saya kira menghafal itu cukup sulit)
  3. My boss gave me a business trip
    (Atasan saya memberi saya perjalanan dinas)
  4. She gave me a drink
    (Dia memberiku minuman)
  5. Mother told me that i must be a strong man
    (ibu mengatakan kepadaku bahwa aku harus menjadi orang yang kuat)
Note : kata bercetak tebal merupakan noun yang berfungsi sebagai direct object, sedangkan kata yang bercetak miring merupakan noun yan berfungsi sebagai indirect object.

Refrensi:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar