HOME

Selasa, 25 April 2017

PERDAGANGAN INTERNASIONAL

      Menurut saya perdagangan Internasioal dapat di terapkan karena adanya kesepakatan bersama antar negara satu dengan negara yang lainnya. Perdagangan Internasioanal jauh lebih kompleks karena pertama, Adanya pemisahan antar penjual dan pembeli oleh batasan-batas negara. Kedua, Barang harus dingkut dan dikirim dari suatu negara kenegara lain melalui berbagai aturan yang berasal dari pembatasan masing-masing negara. Dan ketiga, Ada banyak perbedaan antar negara satu dengan negara lainnya, seperti Bahasa, mata uang, taksiran dan timbangan, hukum perdagangan dan lain sebagainya.
     salah satu teori perdagangan internasional yang perlu kita terapkan adalah:
  •      Adam Smith (teori keunggulan mutlak)

     Negara akan memperoleh keunggulan mutlak,dikarenakan Negara tersebut mampu memproduksi barang dan jasa dengan biaya lebih rendah dari Negara lain.
  •      Ricardian (kelebihan komparatif)

          Negara mengkhususkan dalam memproduksi apa yang mereka paling baik produksi. dari kedua teori diatas dapat digabungkan, bahwa setiap negara akan memproduksi barang dan jasa dengan biaya relative rendah,tapi dengan kualitas baik dan benar-benar mempunyai keunggulan baik kualitas maupun kuantitas.

    Karena, Akhir perang dunia ke-2, negara-negara Eropa dan dunia mengalami kehancuran ekonomi. Mereka jatuh miskin bahkan tidak berdaya sekalipun untuk membangun negaranya kembali. Di tengah kondisi seperti itu, Amerika Serikat yang tidak ikut jatuh miskin memutuskan untuk membantu negara-negara tersebut dalam bentuk memberikan hutang atau pinjaman. Pinjaman tersebut dalam bentuk mata uang dolar. Dan sebagai jaminannya, negara-negara yang mau hutang harus menyerahkan emas kepada Amerika Serikat. Dengan begitu otomatis Amerika hampir menguasai emas seluruh dunia. Secara praktis, pasti dong jadilah dolar yang disokong emas dan dolar pula lah yang saat itu dipercaya sebagai mata uang.

   Menurut saya sulit di lakukan karena, nilai tukar euro yang belum stabil, faktor lain yang membuat usulan tersebut sukar dilaksanakan adalah belum adanya kesepakatan antara negara-negara pengguna euro soal nilai tukar mata uang tersebut. Dan jika diubah, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara akan terpengaruh. Dia menilai, perlu waktu lebih dari sepuluh tahun seandainya niat tersebut hendak dilaksanakan.

   Menurut saya, untuk jangka pendek mungkin Rupiah belum bisa, tapi tidak menutup kemungkinan suatu saat Rupiah bisa menjadi mata uang dunia, asalkan ada peningkatan dan kestabilan kesejahteraan ekonomi serta didukung oleh kemajuan negara dalam Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di dalamnya dan semua itu bisa terlaksana jika ada komitmen dan dukungan dari semua komponen Bangsa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar